Penggunaan Geogebra

Sebagian besar siswa SMA/SMK merasa mengeluh bila sudah belajar matematika, ada yang bilang gak ngerti, takut sama gurunya karena gurunya killer, ada yang bilang sulit dipahami, susah ngertinya, gimana sih caranya kok gak bisa paham-paham juga….? Apalagi kalau sudah masuk bagian kalkulus, aljabar ataupun geometri…. hmmm… dan macam-macam alasan yang bisa mereka katakan tentang keluhan belajar matematika.

Sebenarnya ada banyak cara mudah untuk belajar matematika, banyak tool (software) yang membantu mempermudah untuk belajar matematika, salah satunya adalah software yang akan penulis kenalkan yaitu tentang Geogebra.

Geogebra bisa berjalan di beberapa platform seperti Windows, Mac OS X, Linux, dan Java. Silakan download aplikasinya sesuai dengan OS yang kalian miliki di sini.

Apa sih itu Geogebra? 

GeoGebra adalah software matematika dinamis yang menggabungkan geometri, aljabar, dan kalkulus. Software ini dikembangkan untuk proses belajar mengajar matematika di sekolah oleh Markus Hohenwarter di Universitas Florida Atlantic. Nah, cukup terkenal dan dikembangkan oleh ahlinya tuh….

Di satu sisi, GeoGebra adalah sistem geometri dinamik. Anda dapat melakukan konstruksi dengan titik, vektor, ruas garis, garis, irisan kerucut, begitu juga dengan fungsi, dan mengubah hasil konstruksi selanjutnya.

Di sisi lain, persamaan dan koordinat dapat dimasukan secara langsung. Jadi, Geogebra memiliki kemampuan menangani varabel-peubah untuk angka, vektor, titik, menemukan turunan dan integral dari suatu fungsi, dan menawarkan perintah-perintah seperti Akar atau NilaiEkstrim.

Kedua peninjauan karakteristik Geogebra di atas adalah: suatu ekspresi pada jendela aljabar bersesuaian dengan suatu objek pada jendela geometrid dan sebaliknya. Hmm… mulai paham juga kan. :) Gimana… ayo kita simak bahasan berikutnya.

Lihat tampilan lembar kerjanya seperti ini.

geogebra

Kenali bagian-bagiannya di sini:

bagian-bagian geogebra

Penjelasanya adalah sebagai berikut:

  1. Menu, yang terletak di bagian atas. Menu terdiri dari File, Edit, View, Perspectives, Option, Tools, Window, dan Help
  2. Tool Bar, yang terletak pada baris kedua, berisi icon-icon (simbol)
  3. Jendela Kiri, yang terdiri dari Obyek-obyek Bebas dan Obyek-obyek Terikat. Dijendela ini tempat ditampilkannya bentuk aljabar
  4. Jendela Kanan, yaitu tempat ditampilkannya grafik.
  5. Bilah Masukan (Input), yang terletak di kiri bawah.
  6. Bilah Fungsi, yang berisi daftar fungsi
  7. Bilah Simbol, yang berisi daftar simbol
  8. Bilah Perintah, yang berisi daftar perintah

Mari kita buat contoh sederhana untuk menyelesaikan masalah.

Ketikkan pada bilah input sebuah fungsi : f(x) = x^2 dan tekan Enter, maka hasilnya akan langsung ditampilkan di jendela kiri, grafik fungsi akan ditampilkan di jendela kanan. Agar lebih menarik lakukan mengganti warna pada grafik fungsi dengan menekan klik kanan pada grafik dan pilih Object Properties –> Color. Sedangkan untuk ketebalannya bisa pilih Tab Style. Hasilnya adalah sebagai berikut:

fungsi f(x)

Nah, jadi lebih mudah belajarnya, kan…?

Untuk meng-edit fungsi f(x)=x2, kalian bisa melakukan klik ganda pada fungsi tersebut. Misalnya dengan mengubah menjadi f(x)= – x2+4, maka hasil grafiknya adalah ….

fungsi fx

Untuk mempelajari lebih jauh tentang geogebra. Kalian bisa mengutak-atik sendiri, jangan malu-malu untuk klik-klik di sana-sini dan mencoba-coba memecahkan soal matematika yang berkaitan dengan geometri, kalkulus, dan aljabar yang lain.

Leave a comment